March 12, 2009

Pengenalan JDBC API




Halo..kita berjumpa kembali dalam acara Tulis Menulis dan Meringis..hehhee, ngawur yah. Pertama kali liat tulisan JDBC API terngiang dibenak jenis makanan apa lagi nih yang keluar dari perguruan Ilmu Komputer...heehehhe, bingung sih kalo pertama kali belajar tp kalo sudah belajar pasti tidak bingung dah, kalo masih bingung pasti bukan belajar tuh tapi ngelamun..hihih.

JDBC merupakan singkatan dari Java Database Connectivity, sedangkan JDBC API merupakan Java API ( Application Programming Interface) untuk mengakses secara virtual berbagai jenis tabular data. JDBC Api terdiri dari sekumpulan class dan interface yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java yang menyediakan standar API sebagai tools dalam mengembangkan database dan memberikan kemudahan bagi pengembang untuk membuat aplikasi-aplikasi database yang sepenuhnya dalam bahasa pemrograman java.

Keuntungan dari JDBC API adalah sebuah aplikasi dapat mengakses secara virtual berbagai sumber data dan dapat berjalan pada berbagai platform dengan Java Virtual Machine. Dengan JBC API ente tidak perlu membuat satu program untuk mengakses database MySQL kalau di Java lo..hehhe.

Keuntungan menggunakan JDBC API :
- Membangun koneksi dengan database atau berbagai jenis sumber data tabular data.
- Mengirim pernyataan-pernyataan SQL.
- Memproses hasil.

JDBC 3.0 API terdiri dari 2 packages, yaitu:
1. java.sql package, merupakan core pasckage dari JDBC API.
2. javax.sql packge, merupakan package tamabahan menambahkan kemampuan server-side dari JDBC API.

oke nanti ditambahin lagi yah.

0 komentar:

Post a Comment