January 25, 2009

Dual Boot Vista dan Windows XP




Pernah bosan dengan vista?, dan ingin menggunakan Windows XP?, nah disini dah gue kasih tau caranya agar di komputer atau notebook kita bisa Dual Boot antara Vista dan Windows XP dimana vista nya udah tersedia di notebook ente, kalau mau diilangin kan sayang tuh, biasanyakan original yah bawaan dari notebook..hehehhe.

Ini dari pengalaman penulis saat membuat Dual Boot Vista dan Windows Xp di Notebook Toshiba M200. Oke dah nggk usah panjang lebar, langsung aja nih.

Yang harus disediain:
1. CD Master Windows XP --- Yang original kalo yang mau legal.
2. nLite ------ bisa di download disini http://www.nliteos.com/ --- ini untuk membuat CD Boot XP dimana driver SATA nya udah dimasukin.
3. .NET Framework 2 -----ini buat nLite nya karena dia nggk mau digunain kalo ndk ada.

Cara ini gue lakuin karena Hardisk tidak terbaca oleh Master Windows XP, klo terbaca ndk usah dipake cara ini langsung aja bagi partisi kemudian instal kayak biasanya, paling entar masalahnya vista lu ndk muncul, tapi gampang pake CD recovernya aja entar, udah ngelantur nih entar dibagian bawah nih gue jelasin, jadi ikutin dulu cerita yang awalnya nih:
1. Bagi dulu partisi-nya kemudian pisahkan antara partisi windows XP dengan Vista, jangan satu
pertisi lo.
Caranya baca dibagian partisi yah.
2. Jalankan nLite dan ikutin langkah-langkahnya, lihat beberapa garis besar langkah berikut:

* Pada bagian ini anda akan diminta memasukkan master XP, kalo ada di CD masukkan CD Master Windows ke Drive CD/DVD, setelah itu akan diminta buat folder baru tempat master Windows XP baru yang akan dibakar ke CD yang baru.
* Pilih yang bagian yang udah ditandai kemudian Next
* Pada bagian ini akan diminta untuk menginsert driver SATA dari Vista, lakukan insert all kemudian klo ada yang tulisannya unknown dihapus aja.
*setelah diatas selesai buat image untuk CD master Boot Windows XP baru biar master XP anda bisa mengenali Hardisk Notebook/PC .
Klo tidak error berarti sukses tuh CD boot nya, ya udah lakukan instalasi yah, klo nggk ngerti lihat di link blog gue caranya.

Udahan dulu yah entar gue tambahin dah klo kira2 ada yang kurang.

0 komentar:

Post a Comment